Sistem Informasi Kepegawaian


Download SIMPEG Berbasis Desktop Menggunakan Borland Delphi 7 -  Aplikasi Sistem Informasi dan Database Kepegawaian Dinas Sosial Kota Makassar adalah aplikasi yang dibangun dalam Software Borland Delphi 7. Melihat kurangnya Implementasi dan Penerapan Sistem Informasi Database Kepegawaian pada banyak Instansi di lingkup pemerintah Kota Makassar, maka dari itu dipandang perlu membuat suatu Aplikasi yang serupa guna memprakarsai Instansi yang terdapat di Pemerintah Kota Makassar untuk mewujudkan Good Governance. Sistem Informasi dan Database Kepegawaian Dinas Sosial Kota Makassar adalah konsep Good Governance yang mampu mengakomodir seluruh kebutuhan pelayanan yang cepat dan tepat bagi Pegawai Instansi Dinas Sosial Kota Makassar sehingga manajemen kepegawaian memungkinkan Otomatisasi terhadap Data-data yang akan di akomodir.

NOTE : Aplikasi ini dibangun tahun 2016 menggunakan Borland Delphi 7, Baca cara penjelasan penggunaan code dan penerapannya.


Sistem Informasi dan Database Kepegawaian Dinas Sosial Kota Makassar tidak hanya berguna bagi Pegawai yang terdapat pada ruang lingkup tersebut, namun juga bermanfaat bagi khalayak yang terdapat di luar Unit Instansi Dinas Sosial Kota Makassar. Seperti contonya, orang-orang yang ingin mencari Tugas Pokok dan Fungsi, Sejarah, Visi / Misi dan Informasi lain yang berkaitan dengan Dinas Sosial Kota Makassar tidak lagi bingung dan mengajukan banyak permohonan / surat untuk memiliki data tersebut disebabkan adanya Sistem Informasi dan Database Kepegawaian yang dapat diakses oleh Umum begitu juga dengan Database Pegawai. Tentunya Database Pegawai yang dapat diakses oleh khalayak Umum berbeda dengan yang dapat diakses oleh Administrator sebagai pemegang hak manajemen Pegawai, hal ini berguna untuk Menjaga dan Melindungi Hak Privasi bagi Pegawai yang bersangkutan.


Aplikasi ini sama halnya dengan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pegawai pada umumnya yang memberikan kemudahan aktifitas proses data pegawai yang cepat dibanding dengan manual, Informasi yang diproses akurat karena adanya validasi data dan kontrol, Informasi yang disampaikan dapat ditemukan dengan cepat karena adanya algoritma penyusunan dari komputer, dan Keamanan Data Pegawai lebih terjamin akan Privasi karena hanya orang khusus yang dapat mengontrol Database.


Selain dari Fungsi Aplikasi Sistem Informasi dan Database Kepegawaian Dinas Sosial Kota Makassar, Aplikasi ini menggunakan 54 Form, masing-masing diantaranya terdiri dari 10 Form Quick Report yang akan menampilkan Pelaporan Data kepada User dan Administrator dengan Print Out, dan 44 Form Aktif yang masing-masing dibagi menjadi Form Informasi dan Form Database yang berfungsi untuk Memberikan Informasi tentang Instansi Dinas Sosial Kota Makassar serta tempat dimana Aktifitas manajemen Database Kepegawaian dilakukan. Aplikasi Dinas Sosial Kota Makassar hanya mempunyai 1 (satu) Administrator yang menjadi hak Khusus terhadap seluruh Manajemen Kepegawaian yang terdapat pada Aplikasi tersebut, hal ini juga yang menjadi kelemahan dari Aplikasi ini dikarenakan Username dan Password yang digunakan adalah Type Data Konstanta (Bernilai Tetap), artinya Username “achmadrizali” dan Password “admin” tidak dapat diganti / ditambah sehingga menyebabkan seorang Administrator harus Komitmen dan Konsisten dalam menjaga kerasahasiaan yang telah diamanahkan untuk memegang hak dan Kontrol.



Sistem Informasi dan Database Kepegawaian Dinas Sosial Kota Makassar juga menggunakan sedikitnya 21 Tabel yang memiliki fungsinya masing-masing. 15 Tabel adalah tempat dimana Items / Data-data Pegawai disimpan, Data Pegawai yang terdapat pada Tabel dipisahkan berdasarkan Tabel PNS, Tabel Kontrak, Tabel Honorer, dan Tabel Prakerin. hal ini berguna untuk memudahkan dalam menyusunan Tabel Kebenaran / Flowchart. Kemudian 6 Tabel adalah Tabel Record / Tabel Rekam yang berfungsi menyimpan Data Sementara yang akan dilaporkan dengan Quick Report apabila Administrator menghendaki mencetak data dengan kriteria tertentu atau database tertentu. Record ini juga sekaligus menjadi Kelemahan Aplikasi Sistem Informasi dan Database Kepegawaian Dinas Sosial Kota Makassar, hal ini disebabkan penyusun tidak membuat Tabel Record Kontrak dan Record Honorer sehingga menyebabkan aplikasi ini belum lengkap dan belum menjadi satu kesatuan yang utuh dalam penerapannya. Namun kelemahan ini tertutupi dengan beberapa tabel lainnya yang dilengkapi dengan validasi dari Tabel lainnya. Perbedaan mendasar Tabel Record dengan Tabel lain adalah jika Tabel lain masih menyimpan data ketika Aplikasi ditutup maka Tabel Record akan menghapus seluruh isi Field yang terdapat pada Tabel Record ketika aplikasi telah ditutup. Hal ini didasari dari fungsi Tabel Record itu sendiri yang hanya sebagai tempat penyimpanan Data Sementarai bagi Data-Data yang akan direport / dilaporkan.

Previous
Next Post »

Kirim Komentar EmoticonEmoticon