Fitur Login Sistem Informasi Bank Sampah

Fitur Login Sistem Informasi Bank Sampah

Fitur Login Sistem Informasi Bank Sampah - Sistem Informasi Bank Sampah adalah sistem informasi yang berfungsi untuk memudahkan petugas dalam melakukan seluruh pengelolaan manajemen dalam organisasi bank sampah. Penerapan sistem otomatisasi pencatatan debet / kredit untuk mencegah kemungkinan kecurangan yang dilakukan pengelola kas keuangan yang dapat menimbulkan kerugian, database nasabah, manajemen petugas / karyawan, cek riwayat transaksi bagi nasabah, dan manajemen harga sampah adalah beberapa dari sejumlah fitur yang ditawarkan oleh sistem informasi bank sampah.

Fitur utama untuk menjalankan aplikasi sistem informasi bank sampah adalah fitur login, karena untuk dapat mengakses database nasabah, database petugas, transaksi debet / kredit, manajemen harga sampah, dan buku besar administrasi dibutuhkan user yang telah ditetapkan level-levelnya berdasarkan Divisi masing-masing karyawan. Algoritma dasar dari fitur login adalah bahwa untuk dapat mengakses fitur-fitur yang telah disebutkan, dibutuhkan username dan password yang telah didaftarkan oleh User Root.

Penetapan level pada sistem informasi bank sampah bertujuan untuk menerapkan batasan-batasan hak akses user, sehingga user dapat mengetahui tugas pokok dan fungsinya. Contohnya, user pencatatan dari Staf Divisi Pencatatan hanya dapat mengakses fitur transaksi debet / kredit. Hal ini disebabkan karena Semua petugas yang terdapat dalam organisasi bank sampah belum tentu dapat menjadi administrator program, sedangkan semua user sudah pasti adalah karyawan bank sampah.

Terdapat dua fitur login yang ada pada sistem informasi bank sampah. Pertama, fitur login untuk User Root dan yang kedua, fitur login untuk User Biasa.

1. Fitur Login User Root
User Root / User ‘root’ dalam istilah keamanan komputer sering disebut sebagai ‘superuser’. Superuser merupakan tingkatan user tertinggi dimana user ini dapat melihat, mengubah, bahkan menghapus seluruh database dan menjalankan perintah apapun yang terdapat dalam MySQL. (sumber : duniailkom.com).

Begitupun dengan User Root pada sistem informasi bank sampah, dimana user root dapat mengakses semua fitur yang terdapat dalam aplikasi. Langkah-langkah untuk mengakses fitur login user root adalah :

1. Pengguna dapat menekan Root Panel pada Menu Bar.
2. Klik Root Login.
3. Masukkan username = "root", dan password = "root".
4. Selesai.

Root Login

Setelah User Root berhasil masuk, maka semua fitur dalam aplikasi dapat diakses. termasuk menambah, mengedit, dan menghapus data karyawan, nasabah dan harga sampah serta membuat user baru untuk fitur tertentu. Algoritma dasar untuk dapat mengakses semua fitur terdapat pada pengkondisian Level : Root yang terletak di pojok kanan bawah sistem informasi bank sampah. apabila Level sama dengan "Root" , maka aplikasi akan mengizinkan untuk dapat mengakses semua fitur, algotritma ini diletakkan pada pengkondisian baris code pada Source code java.

Selain itu, salah satu fungsi utama dari fitur Root adalah dapat membuat user biasa. fitur ini hanya dapat diakses oleh user root. Langkah-langkah untuk mengakses fitur Buat User adalah :

1. Pastikan login sebagai user root.
2. Klik Buat User pada Menu Bar aplikasi.
3. Pilih nama pengurus yang akan dijadikan user. lengkapi password dan foto.
4. Selesai.
Buat User

Penjelasan :
Nama yang terdapat pada Combo Box adalah relasi dari Database Petugas (registrasi_petugas) pada localhost. Divisi diambil dari Database Petugas sesuai dengan nama petugas. Username adalah primary key yang diambil dari NIK petugas. sedangkan level adalah pengkondisian untuk mendapat hak akses fitur.

Pengkondisian :
1. Jika divisi adalah Staf Bendahara, maka level adalah StfBnd.
2. Jika divisi adalah Staf Divisi Administrasi, maka level adalah StfAdm.
3. Jika divisi adalah Staf Divisi Penimbangan, maka level adalah StfPnb.
4. Jika divisi adalah Staf Divisi Pencatatan, maka level adalah StfPnct.
5. Jika divisi adalah Staf Divisi Pengepakan, maka level adalah StfPnp.


2. Fitur Login User Biasa
Fitur login user biasa adalah tindak lanjut dari aksi yang dilakukan oleh user root. Berbeda dengan user root, user biasa hanya dapat mengakses minimal 1 fitur dan maksimal 2 fitur. Fitur yang dapat diakses oleh user biasa ditentukan dari divisi mana user berasal. Untuk mengizinkan user mengakses fitur dibutuhkan pengkondisian dari level user.

Pengkondisian :
1. Jika level adalah StfBnd, maka hak akses adalah buku besar administrasi.
2. Jika level adalah StfAdm, maka hak akses adalah database nasabah dan database petugas.
3. Jika level adalah StfPnct, maka hak akses adalah transaksi debet dan kredit.
4. Jika level adalah StfPnb, maka hak akses adalah manajemen harga sampah.

Login User Biasa

Langkah-langkah untuk mengakses login user biasa adalah :
1. Isi username : nik petugas, dan password : password petugas.
2. Klik Login.
3. Aplikasi akan melakukan validasi username pada database.
4. Jika username belum terdaftar, silahkan daftarkan melalui user root.
5. Jika username sudah terdaftar, aplikasi akan melakukan validasi password.
6. Jika username dan password cocok, maka login berhasil.
7. Selesai.

Selain untuk memberikan akses, fitur login juga menyediakan penggantian password untuk meningkatkan keamanan user. Karena bukan tidak mungkin terjadi penyalahgunaan username dan password oleh orang lain. Fitur Ganti Password hanya dapat diakses apabila user dalam keadaan login.

Ganti Password

Langkah-langkah untuk mengakses login user biasa adalah :
1. Pastikan user dalam mode Login.
2. Klik Ganti Password pada Menu Bar aplikasi.
3. Masukkan password baru dan ulangi password baru.
4. Klik Update Password.
5. Aplikasi akan melakukan validasi kecocokan password baru dan ulangi password.
6. Jika password baru dan ulangi password tidak cocok, silahkan coba kembali.
7. Jika cocok, penggantian / perubahan password berhasil.
8. Selesai.

Jika login berhasil, user akan dapat mengakses fitur yang telah dikondisikan sesuai dengan divisi masing-masing fitur. diantara fitur yang dapat diakses adalah fitur database nasabah, database petugas, transaksi debet / kredit, buku besar administrasi, dan manajemen harga sampah.

Sekian penjelasan dari Fitur Login Sistem Informasi Bank Sampah. Developer by :

1.
20152205073
Asbar Pratama    
2.
20152105071
Al Firdiyan Sari
3.
20152205085 
Awaldus Sugianto 
4.
20152105047
Besse Nuraeni
5.
20152205048  
Dody Putra M. D.
6.
20152105019
Zamzam
7.
20152205052  
Fandi Halim
8.
20152205043
Achmad Rizali


Previous
Next Post »